Jumat, 04 Juli 2014

Neo-Classical Metal



Neo-Classical Metal adalah sub-genre musik metal yang terlahir dari penggabungan musik klasik eropa abad pertengahan (khususnya era baroque) dan musik metal modern. Yang menjadi ciri khas dari musik ini adalah penggunaan tangga nada harmonic minor, modes phrygian dominant, tehnik sweep picking arpeggio dan aransemen lagu yang rumit. Gitaris yang sangat identik dengan musik ini adalah Yngwie Malmsteen dan Jason Becker.

Pergerakan awal genre musik ini dimulai pada era 60-an. Pada saat itu gitaris metal mulai merasa penggunaan tangga nada pentatonik blues dalam musik mereka sangat terbatas, mereka pun mulai melakukan eksplorasi dengan memasukan unsur-unsur musik klasik dalam musik mereka. Gitaris yang berperan dalam pergerakan  awal Neo-Classical Metal adalah Ritchie Blackmore dan Randy Rhoads.

Puncak kejayaan dari Neo-Classical metal adalah ketika Yngwie Malmsteen mengeluarkan album "Rising Force" pada tahun 1984. Sejak saat itulah Neo-Classical Metal mulai diperhatikan sebagai genre yang "spesial" bagi gitaris karena dalam memainkan genre ini dibutuhkan tehnik yang tinggi dan aransemen lagu yang rumit.

Sampai sekarang pun genre musik yang membutuhkan latihan yang keras untuk memainkannya ini tetap hidup.

Beberapa gitaris yang memainkan Neo-Classical Metal : Ritchie Blackmore, Randy Rhoads, Yngwie Malmsteen, Jason Becker, Tony MacAlpine, Vinnie Moore, Paul Gilbert, Syu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar